Mahameru memang menjadi salah satu puncak idaman para pendaki. Puncak tertinggi di Pulau Jawa ini bisa dibilang wajib banget disinggahi seenggaknya sekali seumur hidup, Superfriends.

Selain punya pemandangan idaman para pendaki di puncak, gunung Semeru juga punya sejumlah spot yang menakjubkan di sepanjang jalur pendakiannya, lho. Tapi, tantangan buat sampai di ketinggian 3.676 Mdpl tentu nggak bisa dianggap enteng.

Maka dari itu, lo wajib simak beberapa pedoman praktis mendaki gunung Semeru.

Pedoman praktis mendaki gunung Semeru yang pertama yaitu kamu wajib ikuti prosedur booking online, Superfriends. Lo bisa melakukan booking online melalui laman resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) di www.bromotenggersemeru.org.

Sebaiknya, lakukan registrasi dari jauh-jauh hari karena kuota maksimal cuma 600 pendaki per hari, Superfriends. kamu bisa booking online mulai tiga bulan sebelum pendakian, sampai tiga hari sebelum pendakian.

Selanjutnya, kamu juga wajib mengikuti briefing atau pengarahan dari petugas BBTNBTS setelah melakukan registrasi ulang di resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Ranupani, Superfriends.

Adanya proses ini pendaki diharapkan bisa lebih tertib dan sopan, sesuai aturan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jadi, simak baik-baik arahan dari petugas saat briefing ya, Superfriends!

Biasanya, kamu bakal membutuhkan waktu sekitar delapan jam tiga puluh menit perjalanan dari basecamp atau Pos Ranupani, buat sampai di Pos Kalimati dengan kecepatan standar, Superfriends.

Rinciannya lengkapnya yaitu dari basecamp ke pos 1 biasanya bakal memakan waktu sekitar 1 jam 50 menit. Selanjutnya, dari pos 1 ke pos 2 (40 menit), pos 2 ke pos 3 (50 menit), pos 3 ke pos 4 (60 menit), pos 4 ke Ranu Kumbolo (40 menit), dan Ranu Kumbolo ke Kalimati (3 jam 30 menit).

Masing-masing pendaki pasti bakal menghabiskan waktu pendakian yang berbeda. Jadi, jangan terlalu berpatokan pada estimasi waktu tersebut ya, Superfriends. Karena balik lagi, semua tergantung kemampuan dan kondisi fisik tiap individu.

Mengingat medan pendakian Semeru tergolong sulit dan panjang, sangat dianjurkan menggunakan gaiters dan trekking pole. Bagi Superfriends yang tidak memiliki gaiters, sebaiknya gunakan celana panjang. Sementara itu trekking pole sebaiknya tetap disediakan guna memudahkan perjalanan, sekaligus menyeimbangkan beban tubuh saat melewati jalur yang menanjak atau terjal.

Tips Summit Semeru

Kalau lo bersikeras mau mendaki sampai puncak Mahameru, pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru takkan bertanggung jawab atas segala risiko yang terjadi. Oleh karena itu kalian harus waspada dan paham benar tentang tata cara maupun teknik mendaki.

Ada beberapa hal yang perlu Superfriends tahu sebelum meneruskan perjalanan ke puncak. Pertama, hindari kawah Jonggring Saloka karena gas belerang dan material yang dikeluarkan sangat berbahaya. Berikutnya, segera turun sebelum pukul 09.00 untuk menghindari gas yang mengikuti arah angin menuju puncak.

Saat turun, pastikan nggak berjalan terlalu ke arah kanan, ya. Pasalnya, jalur ini bakal langsung mengarah ke Blank 75 atau jurang sedalam 75 meter. Jadi, perhatikan langkah kaki lo saat turun dari puncak ya, Superfriends!

One Reply to “Tips mendaki gunung di indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published.